$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Bulan Fenomena Hingga Hujan Meteor Di Tahun 2020

Foto: Fenomena Luar Angkasa 2020 Jakarta, Motoberita.com: --Terjadinya berbagai penampakkan, pada bulan fenomena hingga hujan meteor d...


fenomena hujan meteor bulan sepanjang 2020
Foto: Fenomena Luar Angkasa 2020

Jakarta, Motoberita.com:--Terjadinya berbagai penampakkan, pada bulan fenomena hingga hujan meteor di tahun 2020, beserta rincian yang disesuaikan menurut lokasi dan zona waktu.

Terjadi beberapa peristiwa alam yang bakal menghiasi luar angkasa. Hingga masyarakat diseluruh dunia, juga bisa menyaksikan fenomena tersebut.

Beberapa peristiwa alam, dapat kita amati pada bulan-bulan di sepanjang tahun 2020. Penampakkan mulai dari munculnya Gerhana Matahari, Venus hingga hujan meteor.

Berikut rincian bulan fenomena yang bisa dilihat dari Indonesia. Dengan waktu pengamatan yang disesuaikan dengan lokasi Jakarta, menggunakan zona waktu Indonesia bagian Barat.

Februari: Mars Sembunyi Di Belakang Bulan

Peristiwa yang tidak biasa terjadi di tanggal 18,  dimana orbit Bulan akan berada tepat di depan Mars dalam waktu yang sama.

Karena adanya pengaruh dari gaya gravitasi, orbit Bulan dan orbit Mars saling gerak mendekati i, titik paling dekat dengan Bumi.

Peristiwa ini dapat terlihat di langit, dengan area lokasi di Jakarta, pada pukul 01.55 WIB hingga 05.46 WIB.

April: Penampakan Venus dari Bumi

Penampakkan Venus dapat terlihat dari Bumi, biasanya terjadi pada awal April. Karena Fenomena yang seperti ini, telah terjadi pada April 2012, dan akan kembali terjadi pada awal April 2028.

Dengan teleskop, bulan sabit Venus akan terlihat, menjadi pemandangan dengan tampilan corak warna putih keemasan. Venus bisa dilihat pada pukul 18.08 WIB hingga 20.40 WIB.

April: Bulan Purnama (Supermoon)

Bulan akan berada pada titik terdekat dengan Bumi pada tanggal 7 di tahun 2020. Dimana Bulan hanya berjarak sekitar 356,9 kilometer dari Bumi.

Merupakan titik paling terdekat Bulan Purnama dengan Bumi. Peristiwa ini akan menghasilkan serangkaian dari besar pasang surut serta tinggi dan rendah air laut. Fenomena juga dapat dilihat di Jakarta.


Juni: Gerhana Matahari Cincin 

Peristiwa Gerhana matahari pertama pada 21 juni 2020, hanya terlihat di beberapa lokasi saja, seperti Afrika, Pakistan, India utara, Cina selatan, Arab, Taiwan, Samudra Pasifik, dan Laut Filipina.

Sangat disayangkan, fenomena alam Gerhana Matahari yang jarang terjadi ini, tidak bisa dilihat dari Indonesia.

Hanya sebagian saja, penduduk yang berada di benua Asia, Australia utara dan Afrika, yang dapat menyaksikan peristiwa ini.

Penyebab terjadinya fenomena alam ini, dikarenakan ukuran Bulan yang tidak dapat menutupi, ketika lewat di depan Matahari.

Akibatnya, Cahaya sangat tipis dari Matahari keluar terpancar, bersinar di sekitar bayangan Bulan, menyerupai bentuk cincin.


Juli: Penampakan Saturnus

Penampakkan Saturnus, terjadi pada 21 Juli 2020, hal ini disebabkan, letak Saturnus, Bumi dan Matahari berada di satu garis orbit

Karena letak posisi Bumi yang berada di tengah, menjadikan Matahari dan Saturnus dalam posisi berlawanan.

Menunjukkan bahwa Saturnus berada pada posisi jarak terdekatnya dengan Bumi. Sehingga terlihat jelas, terang, dan besar.

Dan pukul 18.30 WIB hingga 05.25 WIB, adalah waktu yang tepat untuk memulai pengamatan.


Agustus: Hujan Meteor Perseid 

Hujan meteor ini bisa diamati apabila langit pada malam hari terlihat cerah. Perseid karena lintasan bintang, lebih dikenal juga dengan sebutan Bintang jatuh.

Kalau anda ingin waktu pengamatan bisa lebih jelas lagi, lakukan pada dini hari, saat langit subuh sudah gelap.

Apabila pengamatan dilakukan pada waktu subuh, efek pengaruh terhadap intensitas terhadap hujan meteor juga ikut menurun. Terjadi pada tanggal 12, sebelum pukul 00.16 WIB hingga 05.40 WIB.


Oktober: Penampakan Mars

Seperti pada tahun 2018 sebelumnya, tahun 2020 juga menjadi tahun yang baik bagi Mars.

Tepat pada 13 Oktober, Planet Merak atau Mars akan terlihat lebih terang dibandingkan Jupiter. Karena letak Mars, yang berada di sisi berlawanan dengan Matahari.

Mars akan terlihat pada pukul 19.12 WIB. Tinggi tingkat kecerahan Mars, terjadi pada 29 September dan 28 Oktober.

Mars jadi planet paling terang kedua menggantikan Jupiter. Juga menjadi objek ketiga paling terang di malam hari setelah Bulan dan Venus.


November: Hujan Meteor Leonid

Hujan meteor Leonid ini bisa diamati pada pukul 00.23 WIB hingga 05.04 WIB, terjadi pada 16 - 17 November 2020.

Puncak dari hujan meteor Leonid ini akan menampilkan 15 meteor dalam per jam, dengan situasi langit tanpa terang Bulan berlebihan juga tanpa banyaknya awan.


Desember: Hujan Meteor Geminid

Hujan Meteor Geminid akan terjadi di bulan Desember, dan puncaknya pada tanggal 14, langit pada Bumi akan di hujani 60 hingga 120 meteor per jam. Jika keadaan langit terang dan cerah, hujan meteor juga akan terlihat jelas.

Berbeda dengan tahun 2019, karena keadaan posisi pada Bulan Purnama, menjadi objek yang terang disaat itu. Sehingga mempengaruhi dan menjadi gangguan visibilitas pada meteor.

Fenomena tersebut dapat terlihat di Jakarta, pukul 19.59 WIB dan tetap bisa dilihat hingga pukul 05.09 WIB.


Desember: Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari akan terjadi kedua kalinya. Tepatnya pada 14 Desember. Namun, Gerhana Matahari kedua ini, berbeda dengan pertama, yang terjadi pada bulan Juni.

Untuk fenomena kedua ini, Gerhana Matahari akan total. Dan peristiwa ini hanya dapat terlihat pada beberapa bagian di selatan Chili dan selatan Argentina.

Pada fenomena di Gerhana Matahari sebagian, hanya terlihat di Samudra Pasifik tenggara, Samudra Atlantik selatan dan sebagian besar Amerika Selatan, tapi hanya dibagian selatan.       (IWN)
loading...
loading...
Tap Logo to Follow Us
               
Name

Entertainment,14,Hukrim,19,Internasional,26,Lifestyle,24,Nasional,94,Sorotan,11,Sport,17,Teknologi,7,
ltr
item
motoberita: Bulan Fenomena Hingga Hujan Meteor Di Tahun 2020
Bulan Fenomena Hingga Hujan Meteor Di Tahun 2020
https://1.bp.blogspot.com/-1R7x_amhcHo/XhHtg-gX-tI/AAAAAAAABbc/5uj5-JWmwjQsTQl4TpiiMxnyPBT7tG2wACLcBGAsYHQ/s400/20200105_210138_0000.png
https://1.bp.blogspot.com/-1R7x_amhcHo/XhHtg-gX-tI/AAAAAAAABbc/5uj5-JWmwjQsTQl4TpiiMxnyPBT7tG2wACLcBGAsYHQ/s72-c/20200105_210138_0000.png
motoberita
https://www.motoberita.com/2020/01/fenomena-bulan-hujan-meteor-sepanjang.html
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/2020/01/fenomena-bulan-hujan-meteor-sepanjang.html
true
2069715259663126101
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy