$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Civil Society Perlu, Apakah Harus FPI?

Foto: Mendagri Tito Karnavian Politik, Motoberita.com : --Negara perlu Civil Society. Apakah harus FPI? Yang merupakan salah satu dar...



Foto: Mendagri Tito Karnavian

Politik, Motoberita.com:--Negara perlu Civil Society. Apakah harus FPI? Yang merupakan salah satu dari sekian banyak Organisasi kemasyarakatan yang ada di Indonesia, kini sedang berada di ujung tanduk.

Banyaknya Ormas dan jumlahnya kini ada 400 ribu, di Indonesia. Namun, di antara dari sekian banyak Ormas, hanya FPI yang sering bermasalah.

Ormas yang dibentuk pada Agustus 1998 silam, saat ini tengah berada di ujung tanduk. Berkenaan surat izin perpanjangan, yang telah habis pada tanggal 20 Juni 2019.

Ormas yang dibentuk pada agustus tahun 1998 silam tersebut, bernama Front Pembela Islam atau biasa disingkat dengan sebutan FPI. Dipimpin oleh Habib Rizieq, merupakan sosok yang pernah terlibat dua kasus.

Kasus pertama adalah diduga telah menistakan Pancasila yang ditangani Polda Jabar. Namun telah di SP3 kan pada Mei 2018. Agar balik ke Indonesia dan bisa memimpin kembali organisasi yang telah dibentuknya.

Dan kasus kedua yaitu dugaan chat mesum antara Rizieq dengan Firza Husein yang ditangani Mabes Polri. Hal inipun juga telah di SP3 pada juni 2018.

Dan aksi kontroversi yang lainnya seperti, insiden Monas pada 1 Juni 2008, Presedium 212 ditahun 2017, juga kasus yang mendera pada juru bicara FPI Munarman ditahun 2007, 2008 dan terakhir di tahun 2012.

Dan tak hanya itu pula, masyarakat juga sering resah akibat ulah Ormas ini, diantaranya melakukan aksi sweeping sambil memperlihatkan arogansi, hal yang seharusnya dilakukan oleh aparat. Bahkan dari hal tersebut, hingga pernah memakan korban, satu dari warga sipil dan satu lagi dari Polair, terjadi di Kendal pada 2013.

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang pada saat itu juga pernah menegaskan, bahwa nanti pada Juli 2019, jika FPI tetap menolak Pancasila. Maka ijinnya tidak boleh diperpanjang. Setelah mendengar hal tersebut, akhirnya pihak FPI mengendur dan mau untuk bertanda tangan untuk mengakui Pancasila.

Namun, apakah itu bisa jadi jaminan, atau bisa juga Ormas tersebut melakukannya karena terpaksa. Sebab takut tidak dapat diperpanjang ijin nya.

Disisi lain, mengenai perpanjangan surat izin Ormas, serta rentetan dari semua peristiwa yang pernah terjadi, Menteri Agama Facrul Razi mengatakan bahwa dirinya tetap bertekad memperjuangkan agar surat ijin tersebut bisa segera terbit.

Facrul Razi juga mengatakan, bahwa dirinya akan menjadi orang terdepan untuk memperjuangkan perpanjangan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) FPI. di Kementerian Dalam Negeri. Seperti dilansir CNN.

Tetapi tanggapan Mendagri Tito Karnavian ketika ditanya tentang penerbitan surat ijin perpanjangan FPI, beliau menyampaikan bahwa pada saat ini dia masih mengevaluasi terkait AD/ART dari ormas tersebut. 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam hal ini juga menuturkan, bahwa Ormas adalah bentuk daripada civil society dengan kata lain sebagai penyeimbang negara dan dapat mendorong sistem check and balances.

"Negara tetap memerlukan check and balances dari ormas. Memberikan kritik ke pemerintah, dan menjadi kelompok penekan. Namun sisi lain ormas juga harus mampu berinovasi dalam rangka berkolaborasi dengan pemerintah," tutur Tito.         (IWN)
subscribe us
Name

Entertainment,14,Hukrim,16,Internasional,23,Lifestyle,24,Nasional,84,Sorotan,11,Sport,15,Teknologi,4,
ltr
item
motoberita: Civil Society Perlu, Apakah Harus FPI?
Civil Society Perlu, Apakah Harus FPI?
https://1.bp.blogspot.com/-wZ1_d_l5A2E/Xeeb8svO4qI/AAAAAAAABUw/-Q70F1U96d8FHEiHWl38CrnC27YnlltIQCLcBGAsYHQ/s400/20191204_175255_0000.png
https://1.bp.blogspot.com/-wZ1_d_l5A2E/Xeeb8svO4qI/AAAAAAAABUw/-Q70F1U96d8FHEiHWl38CrnC27YnlltIQCLcBGAsYHQ/s72-c/20191204_175255_0000.png
motoberita
https://www.motoberita.com/2019/12/civil-society-perlu-apakah-harus-fpi.html
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/2019/12/civil-society-perlu-apakah-harus-fpi.html
true
2069715259663126101
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy