$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Fenomena Kulminasi Membuat Hari Tanpa Bayangan

Foto: Kulminasi, Hari tanpa bayangan Nasional, Motoberita.com: -Suhu udara dengan panas yang tidak seperti biasanya ini terjadi, ser...


fenomena kulminasi
Foto: Kulminasi, Hari tanpa bayangan


Nasional, Motoberita.com: -Suhu udara dengan panas yang tidak seperti biasanya ini terjadi, serta dirasakan oleh penduduk di Indonesia khususnya, dikarenakan efek dari Kulminasi

Perubahan cuaca, yang dirasakan akhir-akhir ini, saat malam dan terlebih pada siang hari, mengenai suhu udara, dengan panas yang dirasakan tidak seperti biasanya. Ternyata ini efek daripada fenomena alam yang disebut dengan Kulminasi.

Fenomena alam langka Kulminasi matahari ini, telah dan akan terjadi dibeberapa kota di wilayah Indonesia. Peristiwa ini lebih dikenal sebagai hari tanpa bayangan.

Kulminasi sendiri, menurut keterangan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG/red), adalah sebuah peristiwa terjadinya posisi matahari berada tepat di atas garis khatulistiwa atau titik zenit.

Hal ini menyebabkan bayangan diri kita tidak terlihat. Fenomena ini akan terjadi dua kali dalam setahun, ditandai dengan suhu udara yang lebih panas dibandingkan biasanya, karena terjadi pada siklus musim kemarau.

Alasan mengapa kok bayangan diri kita bisa hilang? 

Ini terjadi karena, pada saat lintasan Bumi mengelilingi matahari bentuknya elips, serta posisi pada matahari berada di tengahnya. Bumi akan berputar seperti gasing dengan gerak semu matahari 23,5 derajat di sisi utara dan selatan.

Fenomena ini identik dengan masa transisi (perubahan/red) musim atau disebut masa pancaroba.

Ketika matahari bergerak ke arah selatan, maka di belahan bumi sebelah selatan akan mengalami kenaikan suhu pada permukaan laut. Sehingga pada wilayah tersebut akan memasuki musim hujan. Dan saat matahari bergerak ke utara, maka wilayah tersebut akan mengalami musim kemarau.

Di Indonesia secara umum, pada Kulminasi pertama akan terjadi pada 22 Februari, di Seba, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga 5 April 2019 di Sabang, Aceh.

Peristiwa ini akan kembali terjadi di periode kedua yaitu, 8 September 2019 di Sabang, Aceh hingga 21 Oktober 2019 di Seba, NTT.

Demikianlah perihal mengapa suhu udara berubah dengan cuaca panas tinggi serta pengertian dari fenomena alam Kulminasi matahari.                        (IWN)

loading...
loading...
Tap Logo to Follow Us
               
Name

Entertainment,14,Hukrim,19,Internasional,26,Lifestyle,24,Nasional,94,Sorotan,11,Sport,17,Teknologi,7,
ltr
item
motoberita: Fenomena Kulminasi Membuat Hari Tanpa Bayangan
Fenomena Kulminasi Membuat Hari Tanpa Bayangan
https://1.bp.blogspot.com/-XCKwlxhoMv0/XapcqsYJBhI/AAAAAAAABFc/2cIWNYyTNDsQrTBM1CjB-N035w8eNBOUACLcBGAsYHQ/s400/Hari%2Btanpa%2Bbayangan.png
https://1.bp.blogspot.com/-XCKwlxhoMv0/XapcqsYJBhI/AAAAAAAABFc/2cIWNYyTNDsQrTBM1CjB-N035w8eNBOUACLcBGAsYHQ/s72-c/Hari%2Btanpa%2Bbayangan.png
motoberita
https://www.motoberita.com/2019/10/fenomena-kulminasi-menjadikan-hari-hari.html
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/2019/10/fenomena-kulminasi-menjadikan-hari-hari.html
true
2069715259663126101
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy