$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Pemicu Masalah, Hingga Tangan Mengalami 3K

Foto: Illustrasi tangan Kesehatan, Motoberita.com : -Kejadian ini bisa terjadi kapan dan oleh siapa saja, dan biasanya kesemutan muncul...


Foto: Illustrasi tangan
Kesehatan, Motoberita.com: -Kejadian ini bisa terjadi kapan dan oleh siapa saja, dan biasanya kesemutan muncul, akibat adanya gangguan pada saraf. Ini bisa terjadi karena kebiasaan tertentu.

Kesemutan, yang dikenal dengan istilah medis paresthesia, atau biasa disebut kram, digambarkan dengan munculnya sensasi ditusuk-tusuk jarum, mati rasa, dan perasaan gatal. Kondisi ini umumnya menyerang kaki, tapi bisa juga terjadi pada tangan Anda.

Mari kita bahas beberapa kebiasaan, yang ternyata menjadi pemicu tangan kesemutan, seperti di bawah ini:

1. Tidur dengan tangan menahan kepala

Tahukah Anda bahwa posisi tidur bisa jadi penyebab tangan kesemutan? Ya, kesemutan kemungkinan besar akan terjadi, jika Anda tidur dengan posisi tengkurap. Bisa juga ketika Anda tidur telentang dengan tangan di belakang kepala.

Dua posisi ketika tidur ini, memang nyaman bagi beberapa orang. Namun, akibatnya saraf di sekitar tangan mendapatkan beban dan tekanan yang besar. Sebab kinerja saraf pun akan terganggu, serta menimbulkan sensasi seperti ditusuk-tusuk jarum dan mati rasa.

Untungnya, kesemutan hingga kebas (kaku pada anggota tubuh/red.) karena posisi tidur yang kurang baik ini, tidak bertahan lama. Agar lebih cepat pulih, perbaiki posisi tidur Anda dengan segera, dan bebaskan tangan dari segala beban atau tekanan.

2. Melakukan gerakan berulang posisi duduk

Menurut American Society Surgery of The Hand, sindrom carpal tunnel (CTS) adalah gangguan kesehatan yang jadi penyebab paling umum tangan kesemutan. Kondisi ini disebabkan oleh masalah pada saraf median tangan, sehingga menjadi sensitif terhadap tekanan.

Ketika orang dalam kondisi seperti ini, akan rentan mengalami kesemutan, sekaligus nyeri didaerah sekitar jempol hingga ke pergelangan tangan.

Sehingga, ketika saat Menulis, mengetik, memotong, mengangkat barang, naik motor, maupun gerakan lainnya, yang dilakukan tangan secara berulang dalam waktu lama, bisa jadi pemicu kesemutan pada tangan.

Untuk meringankan gejala sindrom carpal tunnel, Anda disarankan minum obat yang mengandung ibuprofen serta vitamin B1, B6, dan B12, untuk memelihara kesehatan saraf otot. Jangan lupa juga, konsultasikan diri anda dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan obat.

3. Kebanyakan minum alkohol dan merokok

Minum alkohol berlebihan bisa dikaitkan dengan banyaknya masalah kesehatan, misalnya penyakit hati dan kanker. Tidak hanya itu, jika dibarengi dengan merokok, kebiasaan ini juga bisa menjadi penyebab munculnya kesemutan pada tangan.

Alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat mengganggu saraf otonom yang mengatur fungsi tubuh. Sementara untuk rokok, dapat mengganggu sirkulasi darah yang kaya oksigen ke tulang dan jaringan. Efek gabungan ini tidak hanya menimbulkan sensasi kesemutan, tapi juga nyeri pada tubuh.

Jika tangan Anda masih saja kesemutan atau mengalami gejala 3K lainnya, segeralah minum obat pereda nyeri dan kesemutan yang mengandung ibuprofen, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12. Kandungan obat dan vitamin neurotropik tersebut, akan dapat membantu memelihara kesehatan baik saraf maupun otot Anda.

Jangan ragu untuk konsultasi pada dokter ahli ataupun psikolog, bila Anda kesulitan mengurangi alkohol dan berhenti merokok.

4. Kurang asupan makanan bernutrisi

Meski jarang terjadi, kurangnya asupan vitamin dan mineral tertentu, juga bisa jadi penyebab tangan kesemutan. Salah satu kondisi, yang menyebabkan munculnya gejala kesemutan pada tubuh adalah kekurangan vitamin B12.

Vitamin B12 diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf, produksi sel darah merah, serta DNA. Umumnya, kondisi seperti ini terjadi pada lansia, orang dengan kebiasaan makan yang tidak sehat, orang yang sering atau menjalani diet vegan ketat, serta yang sedang dalam menderita gangguan makan.

Untuk menghindari kondisi ini, perhatikanlah kembali, pada asupan nutrisi makanan yang dikonsumsi setiap hari. Tingkatkan asupan ikan, telur, daging merah, dan produk susu. Dan jangan lupa, imbangi dengan konsumsi sayur dan buah. Sediakan juga pereda nyeri yang mengandung vitamin neurotropik untuk berjaga-jaga jika gejala 3K terjadi.

Itulah beberapa hal yang menjadi pemicu tangan 3K (Kesemutan, Kebas, Kram/red.) beserta solusinya. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia motoberita.com.        (IWN.)

loading...
loading...
Tap Logo to Follow Us
               
Name

Entertainment,14,Hukrim,19,Internasional,26,Lifestyle,24,Nasional,94,Sorotan,11,Sport,17,Teknologi,7,
ltr
item
motoberita: Pemicu Masalah, Hingga Tangan Mengalami 3K
Pemicu Masalah, Hingga Tangan Mengalami 3K
https://1.bp.blogspot.com/-Ch43khXJhqM/XW07Yb5T3TI/AAAAAAAAAjA/ae6UpR2YVsEE3OLCH_9k3z96Mo0Pn6j3wCLcBGAs/s400/20190902_224927_0000.png
https://1.bp.blogspot.com/-Ch43khXJhqM/XW07Yb5T3TI/AAAAAAAAAjA/ae6UpR2YVsEE3OLCH_9k3z96Mo0Pn6j3wCLcBGAs/s72-c/20190902_224927_0000.png
motoberita
https://www.motoberita.com/2019/09/pemicu-masalah-hingga-tangan-mengalami.html
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/2019/09/pemicu-masalah-hingga-tangan-mengalami.html
true
2069715259663126101
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy