$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Hati-Hati Dengan Tanda Kapal Hitam Di Dahi

Foto: Illustrasi tanda hitam di dahi                               Religi, Motoberita.com :-Dalam menegakkan sholat untuk orang Isl...


Foto: Illustrasi tanda hitam di dahi
                             

Religi, Motoberita.com :-Dalam menegakkan sholat untuk orang Islam pada saat sujud yang salah, ditandai dengan adanya kapal atau kapalan berwarna hitam yang ada di dahi.

Banyak orang yang salah paham dalam menafsirkan apa yang dimaksud dengan ayat ini :

مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ وَالَّذِينَ مَعَهُ أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ تَرَاهُمْ رُكَّعًا سُجَّدًا يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانًا سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ

Yang artinya, “Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud” (QS al Fath:29).

Ada yang mengira bahwa dahi yang hitam karena sujud itulah yang dimaksudkan dengan "tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud.", padahal bukan demikian yang dimaksudkan dari ayat tersebut.

Dari Salim Abu Nadhr, ada seorang yang datang menemui Ibnu Umar. Setelah orang tersebut mengucapkan salam, Ibnu Umar bertanya kepadanya, “Siapakah anda?”, jawab orang tersebut, “Aku adalah anak asuhmu”.

Melihat ada bekas sujud yang berwarna hitam di antara kedua matanya. Ibnu Umar berkata kepadanya, “Bekas apa yang ada di antara kedua matamu?, sungguh aku telah lama bersahabat dengan Rasulullah, Abu Bakr, Umar dan Utsman, dan apakah kau lihat juga ada bekas tersebut pada dahiku?”. (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3698)

Diriwayatkan pula dari Ibnu Umar, beliau melihat ada seorang yang pada dahinya tersebut, terdapat bekas sujud. Ibnu Umar pun berkata, “Wahai hamba Allah, sesungguhnya penampilan seseorang itu terletak pada wajahnya. Janganlah kau jelekkan penampilanmu!”. (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3699).

Dari Humaid bin Abdirrahman, aku berada di dekat as Saib bin Yazid, ketika seorang yang bernama az Zubair bin Suhail bin Abdirrahman bin Auf datang.

Melihat kedatangannya, as Saib berkata, “Sungguh dia telah merusak wajahnya. Demi Allah bekas di dahi itu bukanlah bekas sujud. Demi Allah aku telah shalat dengan menggunakan wajahku ini selama sekian waktu lamanya, namun sujud tidaklah memberi bekas sedikitpun pada wajahku” (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3701).

Dari Manshur, Aku bertanya kepada Mujahid tentang maksud dari firman Allah (QS al Fath:29). Pada kalimat, "tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud."

Apakah yang dimaksudkan itu, adalah bekas hitam "kapal" diwajah?. (kapalan warna hitam di dahi/red.)

Jawab beliau, “Bukan, bahkan ada orang yang "kapal"(kapalan/red.), yang ada di antara kedua matanya itu bagaikan "kapal" yang ada pada lutut onta, namun dia adalah orang bejat."

"Tanda yang dimaksudkan itu adalah kekhusyu’an atau perbuatan baik." (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3702).

Dari al Azroq bin Qois, Syarik bin Syihab berkata, “Aku berharap bisa bertemu dengan salah seorang sahabat Muhammad yang bisa menceritakan hadits tentang Khawarij kepadaku."

Dan suatu hari aku berjumpa dengan Abu Barzah yang berada bersama satu rombongan para sahabat.

Aku berkata kepadanya, “Ceritakanlah kepadaku, hadits yang kau dengar dari Rasulullah tentang Khawarij.” (artinya secara harfiah adalah mereka yang keluar/red.)

Kharawij atau dibaca dengan Khowarij disebabkan karena keluarnya mereka dari dinul Islam dan pemimpin kaum muslimin.

Beliau berkata, “Akan kuceritakan kepada kalian, suatu hadits yang didengar sendiri oleh kedua telingaku dan dilihat oleh kedua mataku.", maka berceritalah dia.

Sejumlah uang dinar diserahkan kepada Rasulullah lalu beliau membaginya. Ada seorang yang plontos kepalanya, dan ada hitam-hitam bekas sujud di antara kedua matanya, dia mengenakan dua lembar kain berwarna putih, dia mendatangi Nabi dari arah sebelah kanan, dengan harapan agar Nabi memberikan dinar kepadanya, namun beliau tidak memberinya.

Dia lantas berkata, “Hai Muhammad hari ini engkau tidak membagi dengan adil”.

Mendengar ucapannya. Nabi Muhammad saw bersabda, “Demi Allah, setelah aku meninggal dunia kalian tidak akan menemukan orang yang lebih adil dibandingkan diriku”. Demikian beliau ulangi hingga tiga kali.

Nabi Muhammad saw juga bersabda, “Akan keluar dari arah timur orang-orang yang seperti itu, seperti penampilan mereka. Dia adalah bagian dari mereka. Mereka membaca Al-Qur’an, namun Al-Qur’an tidaklah melewati tenggorokan mereka."

Mereka melesat dari agama sebagaimana anak panah, melesat dari binatang yang menjadi sasarannya, setelah menembusnya kemudian, mereka tidak akan kembali kepada agama.

Penyebab timbulnya bekas atau tanda hitam yang ada di dahi, juga bisa menjadikan seseorang tersebut riya'. Wallahualam (hanya Tuhan yang tahu/red.)

Arti riya' sendiri secara bahasa merupakan bentuk mashdar (kata benda) dari kata raa’a-yuraa’i, yang memiliki arti melakukan sesuatu agar orang lain bisa melihatnya kemudian memujinya.

Oleh karena itu, ketika kita sujud hendaknya jangan terlalu berlebih-lebihan dan terlalu ditekan, sehingga hampir seperti orang yang telungkup.  (IWN)
loading...
loading...
Tap Logo to Follow Us
               
Name

Entertainment,14,Hukrim,19,Internasional,26,Lifestyle,24,Nasional,94,Sorotan,11,Sport,17,Teknologi,7,
ltr
item
motoberita: Hati-Hati Dengan Tanda Kapal Hitam Di Dahi
Hati-Hati Dengan Tanda Kapal Hitam Di Dahi
https://1.bp.blogspot.com/-q1bjEMDSswk/XTK7cTXjLjI/AAAAAAAAAR0/gshTn-OhrHg3JcFr2guI43uSL1WRcX79gCLcBGAs/s400/20190720_135322_0000.png
https://1.bp.blogspot.com/-q1bjEMDSswk/XTK7cTXjLjI/AAAAAAAAAR0/gshTn-OhrHg3JcFr2guI43uSL1WRcX79gCLcBGAs/s72-c/20190720_135322_0000.png
motoberita
https://www.motoberita.com/2019/07/hati-hati-dengan-tanda-kapal-hitam-di.html
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/2019/07/hati-hati-dengan-tanda-kapal-hitam-di.html
true
2069715259663126101
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy