$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0$sn=0

Popular$type=slider$m=0$rm=hide$cate=1$c=4

NU Dan Muhammadiyah Jangan Turun Jalan

Jakarta, Motoberita.com :-Dua ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, menyerukan warga untuk tidak turun ke...



Jakarta, Motoberita.com :-Dua ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, menyerukan warga untuk tidak turun ke jalan dan memberi kesempatan kepada lembaga negara yang berwenang untuk menyelesaikan proses pemilu.

Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Ahmad Helmy Faishal Zaini, mengatakan pihaknya khawatir aksi-aksi di jalan "dimanfaatkan oleh penumpang-penumpang gelap".

"Kami khawatir ada penumpang gelap. Apa yang terjadi pada Rabu dini hari itu, memang sejak awal kami khawatirkan akan terjadi. Kepada warga NU kami serukan, selama Ramadan ini lebih baik kita meriahkan dengan membaca atau tadarus Alquran di masjid-masjid, musala dan rumah," kata Helmy, hari Rabu (22/05).

Ia mengacu pada kerusuhan Rabu (25/05) dini hari yang sejauh ini menyebabkan enam orang meninggal dan lebih dari 200 orang luka-luka.

"Juga dengan melakukan ibadah-ibadah lain dan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," katanya.

"Kami minta semua warga NU untuk tidak terpancing," tambah Helmy.

Kericuhan Jakarta: Enam korban meninggal dalam bentrokan dengan aparat
Jokowi 'tak beri ruang bagi perusuh', Prabowo 'mohon TNI-Polri tidak sakiti rakyat'
Kemenkominfo batasi akses video dan foto di media sosial termasuk WhatsApp
"Kami mencurigai adanya provokasi dari kelompok yang ingin mengadu domba, ada anasir-anasir jahat yang menghendaki Indonesia kacau," katanya.

Selain seruan bagi warga NU untuk tidak ikut berdemontrasi menentang hasil pemilu, NU juga meminta semua tokoh nasional untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang memanaskan suasana.

Sekjen Pengurus Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, mengatakan dirinya dan Ketua umum Haidar Nashir sudah menyampaikan seruan kepada anggota perserikatan untuk tidak turun ke jalan.

"Alhamdulillah sebagian besar warga Muhammadiyah mematuhi apa yang kami sampaikan," kata Mu'ti.

"Tapi mungkin ada sebagian dari warga kita yang ikut aksi karena mereka itu adalah tim atau pendukung inti dari pasangan 02 Pak Prabowo dan Pak Sandiaga Uno. Tapi sebagian besar warga perserikatan memilih untuk tidak turun ke jalan dan mempercayakan proses-proses penyelesaian pemilu kepada lembaga negara yang berwenang," katanya.

Diminta menahan diri
Baik Nahdlatul Ulama maupun Muhammadiyah mendesak semua pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan tindak kekerasan.

Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan enam orang tewas dalam bentrok antara demonstran dan aparat keamanan.
Jatuhnya korban, baik yang meninggal maupun yang luka-luka, sangat disayangkan, kata Mu'ti dan Helmy.

"Tidak perlu sebenarnya persoalan suksesi atau seleksi kepemimpinan ini harus ditandai dengan kekerasan bahkan sampai menimbulkan korban jiwa," kata Mu'ti.

"Kalau semua pihak mau menahan diri dan sejak awal memahami bahwa proses-proses politik itu bagian dari mekanisme demokrasi yang biasa dan sangat wajar, tentu kejadian itu tak perlu terjadi," kata Mu'ti.

Ia juga mengatakan pihaknya mengimbau dihentikannya semua bentuk kekeasan yang dilakukan pihak mana pun baik oleh aparat keamanan maupun masyarakat.

"Sekarang saatnya mengambil pelajaran, tidak terus memaksakan kehendak dan tidak menggunakan kekerasan sebagai pilihan untuk mencapai tujuan," kata Mu'ti.

Selain itu, diusulkan pula ada investigasi yang komprehensif untuk mengetahui mengapa siapa aktor kerusuhan, mengapa timbul korban jiwa dan apakah tindakan aparat keamanan sudah sesuai prosedur.

Di sisi lain, kata Mu'ti, masyarakat mestinya tidak menggunakan korban meninggal sebagai alasan untuk mengerahkan massa secara besar-besaran karena ini hanya memperbesar kemungkinan terjadinya kekerasan lebih lanjut.  (Sumber BBC)
loading...
Tap Logo to Follow Us
               
Name

Entertainment,14,Hukrim,16,Internasional,26,Lifestyle,24,Nasional,85,Sport,17,Teknologi,7,
ltr
item
motoberita: NU Dan Muhammadiyah Jangan Turun Jalan
NU Dan Muhammadiyah Jangan Turun Jalan
https://1.bp.blogspot.com/-15yaLZmUmVk/XO08FMnmQTI/AAAAAAAAAGk/WILa5jX2yPM_JNIoBpky7qay3twlaSsGQCLcBGAs/s1600/images%2B%25286%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-15yaLZmUmVk/XO08FMnmQTI/AAAAAAAAAGk/WILa5jX2yPM_JNIoBpky7qay3twlaSsGQCLcBGAs/s72-c/images%2B%25286%2529.jpeg
motoberita
https://www.motoberita.com/2019/05/nu-dan-muhammadiyah-jangan-turun-jalan.html
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/
https://www.motoberita.com/2019/05/nu-dan-muhammadiyah-jangan-turun-jalan.html
true
2069715259663126101
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All DIREKOMENDASIKAN UNTUK ANDA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy